Oleh: hendradp | Juli 6, 2008

Kelebihan dan kekurangan Blog

Blog merupakan wabah baru didunia internet saat ini, jadi sebelum ada melakukan blogging tidak ada salahnya kalau anda melihat beberapa pertimbangan kelebihan dan kekurangan blog.

a. Kelebihan blog

Selain karena sifatnya yang ada dalam jaringan internet, beberapa kelebihan dari blog lainya adalah sifatnya berdiri sendiri sebagai media, selain itu blog juga cenderung non-formal dalam penggunaan bahasa yang dipakainya.

Blog memungkinkan terjadinya iteraktifitas atara sember dengan penerima informasi. Informasi yang disampaikan akan langsung direspon, ditambahi, dikoreksi dan diperkaya oleh orang lain. Oleh karena itu, suatu topic mungkin bisa menjadi lebih menarik dengan adanya diskusi antara blooger dengan pengunjung weblognya. (Nurist Surayya dalam jurnalisme Weblog merupakan Pola Baru Jurnalisme Media Massa, hal 1, 2005) http://nurriest.blogdrive.com/archive/10.html.

Weblog adalah media yang digunakan secara personal, baik individual maupun institusional. Tidak ada persyaratan personal yang diberikan dari pihak manapun untuk bisa memiliki dan mengelola weblog sendiri. Formatnya yang mudah diaplikasikan dan pengelolaannya yang tidak rumit membuat media ini bisa diopersikan oleh siapapun. Tidak diperlukan kemampuan teknis atau kemampuan dasar jurnalisme untuk mempublikasikan informasi dalam weblog.

b. Kekurangan blog

beberapa kekuranga blog diantaranya adalah rentan terkena virus, hacker atau spywere. Selain itu, blog juga kurang sentuhan manusiawi, mudah disalahgunakan fungsinya, dan tulisan yang ada di dalam blog kurang dapat dipertanggung jawabkan.

Untuk itu, ada beberapa upaya agar kekurangan ini dapat diminimalisir. Diantaranya yakni dengan menggunakan bahasa pemograman yang aman, manggunakan desein menarik, dan memiliki control penulisan artikel yang benar.

Tolong tinggalkan komentar ya.


Tanggapan

  1. jujur saja dengan adanya penjelasan kelebihan kekurangan blog sangat menambah saya dalam wawasan cara mengisi dan memanfaatkannya….tapi terus terang sampai saat ini saya masih kurang bisa dal tersebut!!!
    tolong bila ada yang mau membantu silahkan kontak saran untuk saya di blog ini. trim’s

  2. Bicara blog memang memiliki pola pemikiran yg luas selain pemikiran2 yg kompleks, justru dari berbagai pemikiran tersebut sejauh mana kita bisa menyikapinya. Adakalanya pemikiran negatif seseorang yg semestinya kita luruskan, demi membawa wahana blog lebih tepat sbg media informasi. Bukan untuk dijadikan media yg lepas kendali, khususnya kita diharapkan membawa angin segar dgn adanya blog yg saat ini cukup simpel, gratisan malah, serta diharapkan membantu kearah yg lebih baik. Blog mesti jadi fasilitas termudah untuk metoda kebenaran, kebaikan, jangan jadi sarana membual, mencaci, apalagi memfitnah.

  3. oke..lumayan buat nambah isi proposalku.thanks brader…

  4. wah aku ingin menjadi blogger..
    kunjungi blog ku ya…

  5. Thanks atas infonya.
    Posting yang bagus.
    Jangan lupa jalan2 ke BLOG gue ya,maklum nh masih pemula banget. Masih butuh dukungan dan masukannya.
    Terima Kasih..,

  6. Terima kasih atas infonya. Sangat membantu. Jangan lupa ya mampir dan beri komen juga ke blog gue ya. Masih baru nh,jdi btuh dkungan dan bntuannya.,terima kasih. SUKSES..,

  7. Terima Kasih aTas ilmu yg telah di kongsi.
    sya, amay memerlukan ilmu mgnai Blog utuk mlakukan sedikit research dan assigment di University.

    slamat maju jaya.

  8. Makasih ea, atas info nya?

    • iya sama…

  9. makasih ya postingan artikelnya….

  10. Thanks bangte

  11. Thanks…:P…:O

  12. sip banget infonya,,,,

  13. Thankz infOX..

  14. […] beberapa kekuranga blog diantaranya adalah rentan terkena virus, hacker atau spywere. Selain itu, blog juga kurang sentuhan manusiawi, mudah disalahgunakan fungsinya, dan tulisan yang ada di dalam blog kurang dapat dipertanggung jawabkan. Sumber […]

  15. bgs…………….

  16. Kalo menurut saya sih bukan hanya tulisan yang ada dalam blog yang tidak dapat dipertanggung jawabkan, namun semua tulisan di internet..
    Terkadang kan juga ada blogger yang ngejar setoran posting..
    wakakaka..

  17. Hi everyone, it’s my first go to see at this web site, and paragraph is actually fruitful designed for me, keep up posting these content.

  18. tank’s bgt yua…………………..

  19. top banget

  20. izin copy ea????????

  21. yang penting tidak menyalah gunakan blog, dimanfaatkan dlm hal-hal positif, dan mengetahui bagaimana fungsi sesungguhnya blog….
    pasti blog sangat bermanfaat!!!

  22. lalu kalau kelebihan/kekurangan dari blog detik , apa ya?
    terimakasih atas ifo nya

  23. […] https://hendradp.wordpress.com/2008/07/06/kelebihan-dan-kekurangan-blog/ […]

  24. izin copy

  25. Bagus nihh artikel nya, sangat bermanfaat buat newbie kyk ane,,,kapan kapan maen ya gan ke blog ane http://solusibutawarna.com/
    Terima kasih

  26. Terima kasih postingannya. Sangat membantu untk mendukung tugas paper kuliah saya. 🙂

  27. trima kasih…kerena postingan ini saya lbh tahu byk tentang blog..dan yg lbh utama saya bisa jwb ujian krena post ini..

  28. Alhamdulillah tugas saya untuk paper membuat blog tentang tes buta warna sangat terbantu berkat tulisan ini. Terima kasih mas Hendra, saya tunggu di blog saya saya ya… 🙂
    http://tesbutawarna.com/

    itu alamat blog saya, mas Hendra.

    Salam kenal,
    Didit

  29. setiap segala sesuatu pasti ada kekurangan dan kelebihan yang penting masih bisa bermanfaat

  30. makasih ya atas informasi nya 😀

  31. makasih yh buat informasi nya..
    ini sangat bermanfaat bagi aku daN kami semua…
    semoga informasinya bisa lebih banyak di informasi kan.,,,,
    😀 :p:)

  32. thank you brother for informations.

  33. Bagus…artikelnya,n benar apa yg kawan sampikan ,jd pembaca berhatihatilah apalg yg brkaitan dgn masalah khilapiah atau keyakinan byk sekali keterangan nya yang ngelenceng keluar,.dari.akidag ahlu sunnah waljamaah.

  34. makasih sedikit pencerahannya mas
    main2 ke blogku ya, kali aja ada yang bermanfaat 😀
    24jamberbagi.blogspot.com

  35. Sangat membantu, terima kasih ya


Tinggalkan komentar

Kategori